Konsep Multimedia Interaktif

Situs: LMS - SMK YADIKA Bangil
Pelajaran: Desain Media Interaktif - XII MM
Buku: Konsep Multimedia Interaktif
Dicetak oleh: Pengguna tamu
Tanggal: Jumat, 17 Mei 2024, 02:21

1. Pengertian

Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi, dan suara. Guna menyampaikan suatu pesan dan informasi, melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya. Sebelum Anda memahami tentang multimedia interaktif, terlebih dahulu akan dibahas tentang pengertian multimedia. Multimedia adalah merupakan kombinasi dari teks, foto,seni grafis, suara, animasi, dan elemen-elemen video yang dimanipulasi secara digital. 

Ketika Anda mengizinkan pengguna akhir pemirsa dari proyek multimedia-mengontrol apa dan kapan elemen-elemen tersebut akan dikirimkan, multimedia disebut multimedia interaktif. Berdasarkan pengertian tersebut dapat didefinisikan bahwa Multimedia Interaktif adalah penggabungan antara teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan video serta memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia. 

Meskipun secara pengertian Multimedia Interaktif sederhana tetapi untuk menjalankannya sangat kompleks karena harus banyak yang harus dipahami. Bagian input, proses, dan output dari produk multimedia interaktif tersebut adalah bagian yang perlu dipahami sebelum menjalankannya. Bagaimana setiap elemen dibuat dan dapat dijalankan sehingga dapat memahami keinginan dari pengguna. 

Multimedia interaktif dimanfaatkan secara luas pada kehidupan masyarakat. Multimedia Interaktif dalam bisnis, aplikasi bisnis yang menerapkan multimedia interaktif adalah presentasi, demo produk, database, katalog, dan pemasaran. Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan/sekolah, antara lain presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran, dan pembelajaran interaktif. Multimedia Interaktif dalam bidang rumah tangga, antara lain tutorial memasak, mendesain rumah, dan pemodelan ulang. Adapun pemanfaatan multimedia Interaktif di tempat umum contohnya informasi yang diletakkan di hotel, stasiun kereta api, dan mal perbelanjaan. Sekarang ini pemanfaatan Multimedia interaktif makin luas dengan adanya teknologi smartphone. Banyak sekali aplikasi yang dapat dimanfaatkan yang dapat kita download di Appstore. Contoh yang paling banyak adalah aplikasi buka lapak, aplikasi simulasi mengendarai pesawat terbang, dan lain sebagainya.


2. Jenis Multimedia Interaktif

1. Multimedia Interaktif Online
Multimedia interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya situs Web, Yahoo Messengers, dan lain sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang komunitas sasarannya luas, dan mencakup masyarakat luas.

2. Multimedia Interaktif Offline
Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampaiannya tidak melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya CD interaktif Company Profile, Media Pembelajaran. Media ini termasuk media lini bawah karena sasarannya, tidak terlalu luas, dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.

3. Manfaat Multimedia Interaktif

1. Manfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan

Manfaat multimedia interaktif dalam bidang pendidikan/khususnya pembelajaran sebagai berikut.

a. Proses pembelajaran lebih menarik.

b. Lebih interaktif.

c. Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi.

d. Kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.

2. Keunggulan Multimedia

Adapun keunggulan multimedia dalam hal pembelajaran, antara lain sebagai berikut:

a. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.

b. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.

c. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.

d. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain- lain.

e. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.

f. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

3. Manfaat Multimedia Interaktif

Secara umum, manfaat multimedia interaktif dapat dijadikan media sebagai berikut.

a. Promosi (Company Profile, Iklan).

b. Tutorial (Panduan penggunaan alat).

c. Hiburan (Game).

d. dan lain-lain.

4. Website multimedia interaktif

Konsep adalah suatu yang dipahami atau abstrasi suatu ide atau gambaran mental. Multimedia interaktif berbasis halam web adalah memahami pemafaatan computer untuk membuat dan mengabukan teks, gambar, suara, video, dan animasi dengan mengabukan perangkat perangkat tertentu yang dapat memungkikan pengguna melalukan navigasi, berinteraksi dan komunikasi baik berbasis halaman web maupun media interaktif. Multimedia berbasis web mengandung lebih dari satu jenis media biasanya suara, video, atau, animasi. Di samping teks dan gambar. Keuntungan dan kerugian menggunakan web berbasis multimedia.

1. Keuntungan.

a. Dapat mengatasi berbagai gaya belajara 

b. Belajar dengan system visual 

c. Belajar secara auditori 

d. Kinestetik perserta didik 

e. Bahan lebih menarik dan menyenangkan 

f. Banyak ide ide lebih mudah untuk menyampaikan .

2. Kekurangan 

a. Waktu dan biaya pengembangan 

b. Kompatibilitas dan waktu download untuk multimedia berbasis web. Sebenarnya word wide web pada awal diluncurkan pada tahun 1989 yang didesain bukan untuk multimedia tetapi untuk pengiriman dokumen berformat HTML dengan menambahkan gambar dan ilutasi garis

Aplikasi multimedia interaktif berbasis HTML 5 memiliki kelebihan yang luar biasa antara lain :

  • Lebih mudah dikembangkan 
  • Mudah di update 
  • Aksesr informasi lebih mudah 
  • Lebih murah dan lebih powerful
  • Happy platform 
  • Bisa digunakan secara offline

5. Elemen Multimedia

1. Teks

Digunakan untuk memasok konten dasar, serta untuk menambahkan menu berbasis teks dan hyperlink.

2. Gambar atau grafis

Merupakan representasi digital dari foto, gambar , grafik , dan gambar visual lainnya. Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata.

Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor.

Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.

3. Animasi

Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer, Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi. Konsep dari animasi adalah menggambarkan sulitnya menyajikan informasi dengan satu gambar atau sekumpulan gambar. Demikian juga tidak dapat menggunakan teks untuk menerangkan informasi.

4. Audio

Semua jenis suara termasuk musik , suara yang diucapkan , efek suara. Dapat direkam menggunakan mikrofon atau alat MIDI , disimpan dalam CD , atau di-download dari Internet. Sering dimainkan ketika sebuah peristiwa terjadi pada halaman Web atau bila pengunjung mengklik linkStreaming audio digunakan untuk mempercepat pengiriman. Format file audio yang umum termasuk wav, mp3, midi.

5. Video

Dimulai sebagai aliran kontinu informasi visual , yang kemudian dipecah menjadi gambar terpisah ( frame ) saat video direkam. Dapat memerlukan sejumlah besar ruang penyimpanan. Data video, seperti data audio , biasanya dikompresi. Video streaming digunakan untuk file besar. Format file video umum termasuk avi, mp2, mp4 .

6. Situs web desain

istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah web browser atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten onine termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web/ server. Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis.

7. Flow chart, page layout, dan storyboard

Digunakan untuk merancang struktur dan tata letak situs.

Flowchart menunjukkan bagaimana halaman situs website dapat terhubung satu sama lain.

Layout Auditan menampilkan basic layout pada halaman web.

Storyboard menggambarkan isi urutan animasi atau komponen multimedia yang lain.

8. Navigasi

Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan. Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website Anda.

6. Pengembangan Website Multimedia

1. Membuat situs Web

2. Terjadi setelah situs ini dirancang

3. Bisa dilakukan di rumah atau outsourcing

Tiga langkah dasar yaitu :

    • Membuat elemen multimedia termasuk video editing software, audio editing software, image editing software
    • Membuat situs Web Menggunakan tag HTML untuk menunjukkan di mana efek dan elemen termasuk dalam halaman Web
    • Beberapa tag dipasangkan Komputer dan browser yang digunakan masih menentukan bagaimana halaman Web akan menampilkan Pengujian, penerbitan, dan pemeliharaan situs