2. Langkah Perancangan

Adapun spesifikasi yang akan dibuat berdasarkan pada langkah tersebut adalah:

1. Merancang Isi/Konten

Konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Merancang isi berarti isi berarti rancangan multimedia interaktif akan diisi dengan elemen apa saja.

Elemen dapat berupa dengan gambar, suara, teks, animasi dan video. Dalam merancang isi eiat kaitannya dengan konsep. Karena pada dasarnya isi dan konsep harus saling berkaitan satu sama lain.

2. Merancang Storyboard

Storyboard merupakan suatu visualisasi ide dari aplikasi dalam bentuk sketsa gambar yang disusun dengan urut berdasarkan naskah cerita sehingga memudahkan dalam membuat alur pada multimedia interaktif. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene.

Dengan Storyboard seorang pembuat multimedia interaktif dapat membuat seseorang (pengguna) membambayangkan suatu cerita dengan mengikuti gambar-gambar yang telah disajikan. Pada storyboard juga dapat menambahkan arahan-arahan seperti arahan audio, gambar, letak atau arahan informasi lainnya.

Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan website dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan atau desain.

Beberapa alasan mengapa menggunakan storyboard antara lain: 

а. Storyboard harus dibuat sebelum tim membuat animasi. 

b. Storyboard digunakan untuk mengingatkan animator. 

с. Storyboard dibuat untuk memudahkan membaca cerita.

d. Bisa membuat mudah sebelum' pembuatan suatu film, animasi, video pendek dan lain sebagainya. 

3. Desain Struktur Navigasi Berupa Hirarki Menu

Struktur navigasi hirarki sering disebut struktur navigasi bercabang, yaitu merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data atau gambar pada layer dengan kriteria tertentu.

Tampilan pada menu utama disebut master page (halaman utama satu), halaman tersebut mempunyai halaman percabangan yang disebut slave page (halaman pendukung) dan jika dipilih akan menjadi halaman kedua, begitu seterusnya.

4. Merancang Flowchart 

Flowchart atau bisa disebut juga diagram alir adalah rangkaian yang berisi simbol-simbol yang menjelaskan isi dari sebuah proses alur kerja dari suatu sistem. Bagan alir ini harus dibuat untuk menjelaskan secara detail tahapan dari proses-proses yang berjalan dari suatu sistem. Bagi seorang sistem analis atau programmer, flowchart ini merupakan dasar dari pemrogaman yang perlu diketahui dai difahami.