Modul 3.12 bagian 3
3.12 Menerapkan media promosi untuk pemasaran online
Bagian Ketiga
Jenis-Jenis Media Sosial Media sosial yang populer digunakan di Indonesia antara lain
A. Facebok
Facebook sangat cocok dalam media pemasaran atau promosi yang baik, sebab banyak sekali para pelanggan menggunakan facebook, hampir semua orang memiliki facebook dan pernah melakukan pengecekan facebook. Bahkan ada banyak orang yang telah kecanduang bermain facebook sepanjang hari melakukan pengecekan status dan pembuatan status didalam facebook, hal-hal seperti inilah yang dimanfaatkan para pembisnis atau pengusaha dalam memasarkan produknya. Facebook merupakan media promosi yang tergolong murah dan masih dianggap sangat efektive. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pada awal berdirinya Facebook hanya ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005 Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian pada tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal atau dikatakan terbuka untuk siapa saja. Baik dari belahan Manfaat FacebookØbumi manapun, semua orang bisa bergabung dengan Facebook. Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan.
Berikut adalah beberapa manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini :
• Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang adalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
• Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Saya sendiri sudah memanfaatkannya facebook dengan menggunakan Halaman Indovisual Presentatamasebagai tempat promosi situs saya.
• Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun.
• Sebagai Tempat Untuk Menjalin Hubungan, Contohnya mencari pacar, karena di facebook mudah saja kita mendapatkan seorang pacar.
• Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya
• Kelebihan
a) Menggunakan facebook sangat mudah.
b) Bisa digunakan untuk media bisnis online melalui jaringan pertemanan yang telah dimiliki.
c) Upload gambar mudah, dan bisa dibuat album foto.
d) Terdapat aplikasi chat yang membuat pangguna yang sedang online bisa chat dengan temannya yang sedang online juga.
e) Pengguna bisa membuat/bergabung dengan group kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang memungkinkan pembagian informasi lebih spesifik, mudah, dan tepat sasaran.
• Kekurangan
a) Seringnya facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna bingung.
b) Layout yang tidak bisa diganti.
c) Alur informasi masih kalah cepat dengan twitter.
B. Twitter
Twitter merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Keguanaan twitter yaitu para pengguna dapat membaca dan mengirim pesan atau tweet sepanjang maksimal 140 karakter. Selain itu pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan followers (pengikut). twitter semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu jejaring sosial paling populer di dunia. Pengertian twitter menurut andy shera dalam bukunya Step by Step Internet Marketing adalah suatu website yang memberi fasilitas kepada membernya untuk mengupdate kegiatannya sehari-hari. Berikut ini kelebihan dan kekurangan twitter.
• Kelebihan
a) Menjangkau tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah.
b) Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi berita-berita terupdate, seperti terjadinya suatu bencana misalnya, lebih dahulu didapatkan infonya melalui twitter.
c) Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang in atau happening dibicarakan oleh para pengguna twitter.
d) Dapat memasarkan produk secara geratis
• Kekurangan
a) Setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja. Banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lainlain.
b) Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
c) Ukuran avatar (foto profil) kecil
C. Youtube
Youtube mernurut Anwari dan Java Creativity dalam bukunya 100 software downloader ajaib mengatakan bahwa youtube ada sebuah situs web video sharing (berbagi video ) popular yang didirikan pada februari 2005 oleh tiga orang karyawan paypal yang tidak bekerja lagi diperusahaan tersebut yaitu Chad Hurley, Steve chen, dan jawed. Menurut perusahaan penelitian internet hitwise, pada Mei 2006 Youtube memiliki pangsa pasar 43 persen. Hal ini yang menjadi suatu peluang bagi pengusaha dalam mempromosikan suatu produknya didalam youtube, baik dengan cara beriklan pada situs ini maupun memasang iklan berbentuk video yang kemudian diunggah kedalam situs youtube.
Adapun beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang banyak. Berikut ini kelebihan dan kekurangan youtube.
• Kelebihan
a) Bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
b) Sebagai ajang promosi diri
c) Bisa mendownload setiap video
d) Bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
e) Ukurannya ada yang HD, bisa di download videonya banyak
• Kekurangan
a) Bisa disalahgunakan penggunanya
b) Banyak informasi yang menyesatkan
c) Banyak negara yang memblok Youtube
d) Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
e) Gambarnya tersendat sendat
f) Banyak video dengan kualitas buruk
g) Tidak cocok untuk slow conection
D. Blog
Memiliki blog bisnis dapat memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis baik kecil maupun besar dengan anggaran pemasaran yang ketat. Jika suatu pengusaha tidak memiliki web secara resmi atau bayar maka blog merupakan alternatif yang menawarkan setup gratis dan mudah perawatan. Web Log atau yang sering juga disebut BLOG adalah sebuah diary atau catatan-catatan pribadi yang disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. Dapat juga berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali dalam satu tempat. Blog sendiri memiliki ciri-ciri secara umum yaitu sebagai berikut:
• Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
• Memiliki tujuan
• Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
• Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
• Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
Blog memiliki kemiripan atau sama dengan situs-situs atau web yang sering temui di internet. Materi dan konten merupakan kebebasan penuh dari sang pembuat blog. tentu saja sangat disarankan lebih ke arah membagi pengetahuan yang bermanfaat.
Manfaat blog dikalangan pembisnis yang paling utama adalah sebagai alat promosi secara online di dunia dengan menggunakan fasilitas internet. Berikut ini merupakan manfaat-manfaat lainnya dalam mempromosikan produk pada media blog sebagai berikut:
1) Komunikasi dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan. Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google. Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.
2) Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal), blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya. Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan MySQL di blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan tawaran project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat posting tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa penulisnya tentu memiliki keahlian di topik tersebut.
3) Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat dirilis.
4) Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari blog seseorang yang mereview software ActiveWords. Bahkan sebuah review di USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.
5) Memperbaiki Kesalahan
Perusahaan Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan perbaikan.
6) Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan
E. Google Plus
Google Plus merupakan jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google plus dikeluarkan pada tanggal 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba pada hari tersebut, pengguna Google plus diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, sehari kemudian Google plus diberhentikan, sebab pembuatan akun semakin membeludak.
Google plus mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google plus juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi (OS).
Manfaat Google plus salah satunya adalah untuk mendapatkan income atau pendapatan. Manfaat paling utama dari google plus dilihat dari penggunaannya sebagai usaha adalah dari segi marketing, promo dan juga meningkatkan penjulanan. Saat menjalankan bisnis, maka google plus dapat dimanfaatkan dalam pemasaran inline. Pada dasarnya penggunaan promosi online dengan menggunakan google plus tidak ada bedanya dengan media sosial lainnya, tetapi ada beberapa cara dalam menggunakan google plus dengan baik untuk keperluan usama/ sebagai promosi usaha :
1) Tingkatkan jumlah pertemanan pada aplikasi Google plus.
Dengan semakin banyak teman dalam lingkaran (circle) pertemanan, maka kesempatan usaha atau promosi usaha akan banyak dikenal banyak orang. Salah satu cara menambah teman adalah dengan klik tulisan “tambah” tau “add” disisi kanan dari nama profil yang ada.
2) Rutin memposting mengenai produk yang dipromosikan
Memberi pengetahuan mengenai produk (product knowledgw) kapada temanteman dilingkarang Google plus. Sebab dengan member informasi mengenai manfaat, detail produk, kelebihan dan cara penggunaan produk, membuat teman atau konsumen anda yang berada di Google plus akan mengenal lebih mengenai produk yang sedang dipromosikkan.
3) Tulis mengenai tips yang berhubungan dengan produk yang dipromosikan
Memberikan tips, trik, tutoeial menegenai produk yang dipromosikan merupakan cara terbaik untuk memberikan pengetahuan mengenai produk tersebut. Selain itu, dapat memperlihatkan kemampuan atau expertise mengenai bisnis yang sedang dijalnkan. dengan memperlihatkan kemampuan serius dalam melakukan promosi produk, maka akan membuat teman-teman pada Google plus percaya bahawa promosi ini serius dan memiliki kemampuan yang dipercaya dalam menjalankan bisnis tersebut, dan calon yang menjadi konsumen anda tidak akan ragu untuk memulai mengontak atau berhubungan bisnis.
4) Membuat google page dengan nama bisnis
Google memiliki produk berupa google page. Dimana setiap pemilik Google account dapat membuat beberapa dan digunakan sesuai keperluannya. Google page dapat dimanfaatkan intuk mempromosikan usaha yang dilakukan, selain itu dapat meningkatkan penjualan, Sebagai salah satu media komunikasi, media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk berbagi informasi dan inspirasi, tapi juga ekspresi diri (self expression), "pencitraan diri" (personal branding), dan ajang "curhat" bahkan keluh-kesah dan sumpah-serapah. Status terbaik di media sosial adalah update status yang informatif dan inspiratif.
Media Promosi yang Tepat Akan Berdampak Baik Pada Hasil
Membahas media promosi, yang terpikir dalam diri adalah ragam benda yang biasa digunakan untuk melakukan promosi. Seperti brosur, poster, flyer, spanduk, hingga banner. Cetak keperluan promosi dengan tepat dan benar, akan berdampak baik pada hasil akhir. Promosi adalah salah satu cara untuk memperkenalkan produk usaha kita. Dengan promosi maka produk akan lebih mudah dikenal masyarakat dan mudah mencapai ke target konsumen. Oleh karena itu promosi sangatlah penting bagi perkembangan sebuah usaha. Tidak ada bisnis yang sukses tanpa melakukan promosi. Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan ragam teknik. Seperti berikut ini media promosi yang dapat digunakan.
1. Promosi Media Cetak
Promosi yang sampai saat ini terbilang efektif adalah menggunakan media promosi dalam bentuk fisik atau dicetak. Seperti yang sering dilihat, mencetak media promosi, cenderung lebih efektif. Sebab, dengan begitu calon konsumen dapat membaca lebih detail mengenai penawaran yang diberikan. Media promosi yang dimaksud seperti cetak brosur, flyer, poster, banner, spanduk, katalog, dan lain sebagainya. Promosi menggunakan media cetak, hingga saat ini masih menjadi pilihan bagi mereka yang akan melakukan pemasaran.
Jika Anda ingin melakukan promosi dengan media cetak, dapat mencetaknya di Uprint.id. Tidak perlu datang langsung, Anda dapat mencetaknya secara online. Dengan cara mengisi data di dalam website, kemudian Anda pilih media promosi apa yang dibutuhkan. Setelah itu Anda dapat mengunduh gambar atau desain ke dalam website.
2. Promosi Media Internet
Perkembangan teknologi telah merubah segalanya termasuk dalam bidang bisnis. Namun ini sangat menjadi kemudahan untuk melancarkan proses jual beli. Beriklan melalui media internet ini biasanya melalui banner website dan juga program iklan berbayar lainnya seperti Google Ads dan Facebook Ads. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kegiatan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Ini juga termasuk dalam promosi media internet. Melakukan kegiatan promosi seperti ini juga terbilang efektif. Sebab, saat ini internet mendominasi kegiatan semua orang. Tidak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak dan remaja juga menggantungkan hari-hari mereka dengan internet.
3. Promosi Media Produk
Kegiatan promosi seperti ini juga tidak sedikit yang menggunakannya. Terutama bagi mereka yang menjadi sponsor dalam sebuah acara. Anda dapat mengikuti cara berbisnis yang satu ini. Cobalah untuk mencetak kaos, tas, atau produk lainnya yang dapat dijadikan media promosi. Untuk hal yang satu ini disarankan menggunakan media tas spunbond. Sebab, tas spunbond atau sejenis tote bag ini akan efektif dan sering digunakan. Terutama bagi mereka yang mencintai lingkungan dengan tidak atau membatasi penggunaan kantong plastik. Untuk hal yang satu ini, Anda diharuskan melihat peluang yang menguntungkan.
4. Promosi Media Elektronik
Media elektronik juga menjadi salah satu cara ampuh untuk melakukan pemasaran produk. Dengan menggunakan televisi misalnya, atau melalui radio. Promosi menggunakan media elektronik ini membutuhkan budget yang tidak sedikit. Terutama jika Anda memasang iklan di jam-jam tertentu atau saat primetime. Jam primetime itu sekitar pukul 19:00 hingga 22:00 malam. Sebab, di jam-jam tersebut orang akan lebih sering melihat televisi atau mendengarkan di radio. Jika Anda ingin memasang iklan di waktu tersebut, siap-siap untuk merogoh kocek yang dalam. Sebab, biaya pemasangan iklan di waktu tersebut sangatlah mahal. Jika diperhatikan, perusahaan besar cenderung memasang iklan di jam-jam tersebut. Terutama, perusahaan yang memiliki income besar.
Itulah media promosi yang dapat Anda gunakan. Namun sebelumnya, Anda juga harus memahami tujuan melakukan kegiatan promosi, sebelum membuatnya. Orang melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi adalah sebagai berikut :
1. Untuk menyebarkan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial.
2. Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut.
3. Untuk menaikkan penjualan serta laba atau keuntungan.
4. Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor.
5. Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
6. Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.
https://uprint.id/blog/media-promosi-yang-tepat/
Diposting oleh Jetri Garsia di 21.26
Label: Media online, Promosi, RPP PKK