Di zaman modern ini, manusia banyak yang menginginkan komunikasi secara instan, efektif, dan murah. Dengan adanya jaringan daring maka manusia dapat memanfaatkan sistem online sebagai media komunikasi dan dapat menciptakan komunikasi yang efektif. 


Komunikasi daring ini memiliki dua metode penyampaian atau penerimaan pesan, yaitu komunikasi asynchronous dan komunikasi synchronous.


Langsung, bersamaan


Komunikasi synchronous merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan dengan layanan daring dalam waktu saat itu juga (realtime). Pengiriman pesan melalui metode komunikasi synchronous ini menggunakan kecepatan tinggi dan dapat diterima diwaktu yang bersamaan, bersifat continue, dan dapat diprediksi. Yang termasuk komunikasi synchronous adalah voice chat, video call, teleconference, webinar, live streaming, dll.


Bisa ditunda


Komunikasi asynchronous adalah penyampaian atau penerimaan pesan yang menggunakan komputer dan layanan daring sebagai media untuk komunikasi. Metode ini menggunakan waktu yang tidak bersamaan sehingga komunikasi yang dilakukan tertunda (delayed). Data yang dikirim memiliki hitungan perbit dalam satuan waktu. Untuk pengiriman dan penerimaan data membutuhkan waktu sinkronisasi data. Pembagian waktu dalam proses ini diawali dengan start bit dan diakhiri dengan stop bit. Metode komunikasi asynchronous ini dapat dikatakan sebagai metode komunikasi yang tidak terikat oleh waktu, contohnya antara lain : text chat, video streaming, mail/surat, fax, dll

Last modified: Wednesday, 20 October 2021, 5:54 AM