Masih ingat kan materi tentang bilangan berpangkat (eksponen)? Dalam materi eksponen kita mempelajari bagaimana cara menentukan hasil dari suatu bilangan yang dipangkatkan. Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari logaritma yang merupakan kebalikan dari eksponen. Jadi, kalau eksponen mencari hasil pangkat, sedangkan logaritma menentukan besar pangkat.

Apa sih kegunaan logaritma dalam kehidupan sehari-hari ?

Penggunaan logaritma merupakan salah satu kontribusi utama dari matematika ke dunia ilmu pengetahuan. Misalnya, sebelum ada logaritma, para astronom merasa kesulitan dengan penjumlahan ataupun perkalian yang begitu besar. Dengan munculnya penggunaan logaritma, perkalian ataupun perpangkatan yang besar menjadi hal yang sederhana. Dalam kehidupan nyata, logaritma sangat diperlukan bagi ilmu pengetahuan. Dalam sejarah ilmu pengetahuan, pengembangan tabel logaritma dan penggunaannya merupakan prestasi yang luar biasa. Para astronom masih menggunakan skala logaritmik untuk sumbu grafik dan diagram. Penggunaan logaritma yang paling jelas adalah pada penghitungan skala Richter untuk gempa bumi dan desibel. Logaritma juga diaplikasikan dalam penghitungan frekuensi musik. Penggunaan lain fungsi logaritma adalah dalam bidang biologi, yaitu untuk mengukur laju pertumbuhan penduduk, antropologi, dan keuangan (untuk menghitung bunga majemuk)

Nah, kali ini kita cukup mempelajari logaritma yang cukup sederhana saja

Logaritma adalah suatu operasi invers atau kebalikan dari perpangkatan.

Jika diketahui suatu perpangkatan 

Logaritma: Pengertian, Rumus, Sifat, Contoh Soal dan Pembahasan 210 maka bentuk tersebut dapat dituliskan dalam bentuk logaritma menjadi 

dengan a > 0 dan a ≠ 1.


Last modified: Tuesday, 21 September 2021, 9:49 AM