Model transmisi untuk komunikasi dalam jaringan ada 3 macam, yaitu :

  • Simplex
  • Half-Duplex
  • Ful-Duplex


Model Simplex

Transmisi Simplex terjadi antara dua belah pihak, di mana sinyal-sinyal dikirim secara satu arah yaitu oleh pengirim atau transmitter. Penerima atau receiver hanya dapat merespon pesan berupa membaca/melihat/mendengar saja namun tidak memiliki kemampuan untuk mengirim/membalas tanggapan secara langsung.

Contoh model transmisi simplex adalah pengiriman pesan melalui media siaran/broadcast seperti televisi, radio, adzan, brosur, baliho, dan lain-lain.

Model Half-Duplex

Half-duplex merupakan sebuah model transmisi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah baik oleh pengirim maupun penerima, tetapi harus bergantian. 

Contoh paling sederhana adalah walkie-talkie, di mana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar. Jika kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak, kondisi "collision" (tabrakan) pun terjadi. Contoh lainnya adalah SMS, chat, email, dan lain-lain.

Model Full-Duplex

Dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi.

Contoh model transmisi full-duplex adalah percakapan langsung melalui telepon, video call, web conference, dan lain-lain

Last modified: Thursday, October 14, 2021, 3:54 PM