Banyak orang yang salah paham terhadap maksud fisika. Ada yang berpendapatt bahwa fisika itu pelajaran rumus yang buat pusing, sehingga orang-orang seperti Einstein yang bisa ngerti. Ada yang berpikir bahwa fisika itu mempelajari benda mati, kebalikan dari biologi. Semua ide ini salah. Ulasan berikut ini   akan menjelaskan pengertian fisika yang sebenarnya dan menunjukkan betapa indahnya fisika.

 

Secara ringkas, fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang seluruh alam semesta beserta sifat-sifatnya. Fisika mencakup hal yang sangat kecil seperti atom sampai hal yang sangat besar, seperti galaksi. Fisika memiliki banyak rumus karena rumus-rumus tersebut membuktikan kebenaran sifat-sifat tersebut. Rumus-rumus itu sendiri berasal dari pemahaman para ilmuwan tentang alam yang tercinta ini. Contohnya adalah rumus yang paling heboh bagi orang awam, E = mc2. Rumus tersebut menjelaskan bahwa massa itu memiliki hubungan dengan energi. Aplikasi dari rumus ini adalah bom atom yang mengakhiri perang dunia 2. Ledakan dahsyat di Hiroshima dan Nagasaki tersebut disebabkan oleh pengurangan jumlah massa secara atomik. Perbedaan massa ini menjadi energi yang menyebabkan ledakan tersebut. Kalau kamu mau memahami fisika, jangan hanya hafal rumus. Kamu juga harus ngerti asal rumus itu dari mana.

 

Fisika mempelajari alam, bukan hanya benda mati. Perhatikan kalimat berikut, "Seekor lebah bergerak dengan kecepatan 5 m/s." Kalimat tersebut walau menjelaskan tentang makhluk hidup, makhluk hidup itu memiliki sifat (kecepatan berapa) yang termasuk ilmu fisika. Oleh karena itu, fisika itu juga termasuk ilmu sains yang paling luas. Biologi hanya belajar yang hidup. Kimia hanya belajar zat. Fisika belajar semuanya. (Hmmm... Hebat kan)

 

Fisika memiliki dasar matematika dan berupa dasar IPA. Fisika dapat dianggap sebagai aplikasi dari ilmu matematika untuk menjelaskan alam ini. Fisika mempelajari atom dan sub-partikelnya, sementara atom adalah dasar kimia. Atom karbon merupakan atom yang perlu dipahami sifat-sifatnya oleh ahli biologi. Dengan biologi dasarnya kimia dan kimia dasarnya fisika, dapat disimpulkan bahwa fisika adalah dasarnya IPA. (Hmmm... Mantap)

   

Fisika juga bisa dianggap ilmu hukum. Bukan hukum manusia (UUD, dsb), tetapi hukum alam yang mustahil untuk dilanggar. Hukum ini didasari matematika dan berlaku pada seluruh jagat raya (terkecuali ketika masuk fisika kuantum). Contohnya hukum Newton 1, yang menjelaskan bahwa suatu benda memiliki kelembaman sehingga bergerak dengan kecepatan konstan jika tidak ada resultan gaya luar yang berkerja pada benda itu. Jika kita lompat sekarang, gaya gravitasi akhirnya akan menurunkan kita kembali. Jika kita lompat di luar angkasa, gaya gravitasi terlalu lemah sehingga kita tidak turun, namun terus ke atas hingga ada gaya yang menahan.

 

Dengan semua penjelasan ini, mudah-mudahan kalian yang baca akhirnya bisa memahami arti FISIKA dan senang belajar FISIKA.

Cakupan Materi yang dipelajari didalam FISIKA

 

1.      MATEMATIKA (sebagai alat bantu)

2.      MEKANIKA

3.     FLUIDA

4.     GETARAN DAN GELOMBANG

5.     SUHU DAN TERMODINAMIKA

6.     LISTRIK DAN MAGNET

7.     OPTIKA

8.     FISIKA MODERN

 

Jangan bilang Sulit / susah…. Sebelum Mencoba… Okey…

Last modified: Monday, 2 August 2021, 4:21 AM