1. Perkembangan user interface

Tujuan user interface diantaranya membuat tampilan lebih efisien, mampu menyesuaikan antar muka dengan tugas, memberikan arus balik yang tepat kepada end user serta memperbaiki produktifitas dan pengetahuan seseorang. Beberapa generasi user interface antara lain sebagai berikut:

  1. System berkelompok
    Antarmuka system berkelompok dinyatakan sebagai generasi pertama user interface dengan tampilan yang masih sederhana. Semua perintah interface ini memerlukan perantara sebelum hasil keputusan dicetak.
  2.  Baris arahan (system perkongsian)
    End user berinteraksi pada penggunaan antarmuka baris arahan dengan cara menyusun arahan-arahan tertentu dengan baris demi baris. System yang awalnya menggunakan antar muka baris arahan berupa mesin yang dikenal dengan tele type (TTY) seperti pada system DOS dan UNIX.
  3. Sistem layar
    Antarmuka jenis ini menggunakan penghubung berupa layar CRT dan plasma
  4. GUI
    Merupakan sebuah interaksi secara manipulasi langsung dimana end user berinteraksi dengan perwakilan-perwakilan visual obyek melalui mouse atau piranti-piranti pointer yang lain. Point and click, drag and drop dan menggerakkan objek merupakan ciri-ciri utama dalam antar muka end user bergrafik
  5. Generasi masa depan
    Interface ini lebih berorientasi ke obyek dan lebih menitik beratkan pada penambahan unsur animasi obyek dan audio, termasuk didalamnya unsur 3D pada antar muka modern dalam pembentukan diseputar dunia maya. Interaksi yang diguanakan mayoritas berbentuk Bahasa dan penggunaan input.