1. Pengertian

Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi, dan suara. Guna menyampaikan suatu pesan dan informasi, melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya. Sebelum Anda memahami tentang multimedia interaktif, terlebih dahulu akan dibahas tentang pengertian multimedia. Multimedia adalah merupakan kombinasi dari teks, foto,seni grafis, suara, animasi, dan elemen-elemen video yang dimanipulasi secara digital. 

Ketika Anda mengizinkan pengguna akhir pemirsa dari proyek multimedia-mengontrol apa dan kapan elemen-elemen tersebut akan dikirimkan, multimedia disebut multimedia interaktif. Berdasarkan pengertian tersebut dapat didefinisikan bahwa Multimedia Interaktif adalah penggabungan antara teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan video serta memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia. 

Meskipun secara pengertian Multimedia Interaktif sederhana tetapi untuk menjalankannya sangat kompleks karena harus banyak yang harus dipahami. Bagian input, proses, dan output dari produk multimedia interaktif tersebut adalah bagian yang perlu dipahami sebelum menjalankannya. Bagaimana setiap elemen dibuat dan dapat dijalankan sehingga dapat memahami keinginan dari pengguna. 

Multimedia interaktif dimanfaatkan secara luas pada kehidupan masyarakat. Multimedia Interaktif dalam bisnis, aplikasi bisnis yang menerapkan multimedia interaktif adalah presentasi, demo produk, database, katalog, dan pemasaran. Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan/sekolah, antara lain presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran, dan pembelajaran interaktif. Multimedia Interaktif dalam bidang rumah tangga, antara lain tutorial memasak, mendesain rumah, dan pemodelan ulang. Adapun pemanfaatan multimedia Interaktif di tempat umum contohnya informasi yang diletakkan di hotel, stasiun kereta api, dan mal perbelanjaan. Sekarang ini pemanfaatan Multimedia interaktif makin luas dengan adanya teknologi smartphone. Banyak sekali aplikasi yang dapat dimanfaatkan yang dapat kita download di Appstore. Contoh yang paling banyak adalah aplikasi buka lapak, aplikasi simulasi mengendarai pesawat terbang, dan lain sebagainya.